Kamis, 28 Maret 2024
Tag Terpopuler
Caritau Cerita Mistis: Taman Makam Pahlawan Kalibata
Kamis, 21 Jul 2022 19.00 WIB
BAGIKAN wa fb fb
Kamis, 21 Jul 2022 19.00 WIB
image
Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan selain menyimpan banyak sejarah, makam ini juga menyimpan sederet kisah mistis yang dapat membuat bulu kuduk merinding. Pasalnya, di area lokasi ini kerap terjadi kejadian janggal kepada satpam dan pengurus makam.
image
Seorang penjaga makam bernama Hamdani mengaku sering mendengar suara derap tentara tanpa ada wujudnya.
image
Biasanya hampir tiap malam, terdengar suara tentara berbaris. Tapi pas dicari tidak ada. Dulu pikirnya, ada tentara sedang tes atau latihan di sini malam-malam," kata penjaga itu.
image
Menurut Hamdani yang sudah tinggal di Kalibata sejak 1955, suara itu bukan hanya langkah, sesekali juga terdengar seperti suara komando untuk menyerang. Bahkan ada yang berteriak seakan-akan habis tertembak.
image
"Suara perintah juga sering terdengar. Bahkan ada yang mendengar suara berteriak, seperti orang kesakitan, kena peluru atau disiksa. Teriakannya seperti itu," ungkap dia.
image
Selain suara derap kaki, Hamdani juga mengatakan sering terlihat hantu Si Manis hanya duduk di pelataran gedung Teater yang berada sekitar makam pahlawan.
image
"Ada di sini wanita cakep. Orang manggilnya si Manis. Itu biasanya yang dilihatin tukang gali kuburan atau satpam yang jaga pas malam. Tapi dia cuma duduk saja gitu diam, terus hilang," ujar Hamdani.
image
"Dia selain meniup kuping, juga sering membisikkan sesuatu. Mau ngomong gitu. Tapi kalau yang bisik-bisik saya enggak pernah ngalami. Tapi banyak teman saya yang cerita hampir sama, enggak satu dua orang saja," tutur Hamdani.
image
image
image
image
image
image
image
image

taman makam pahlawan kalibata caritau cerita mistis jakarta