Trending Now
Hasil Pertandingan Uruguay vs Korea Selatan: La Celeste dan Taeguk Warriors Harus Rela Berbagi Angka
Kamis, 24 Nov 2022 22.01 WIB
BAGIKAN fb fb
Kamis, 24 Nov 2022 22.01 WIB
Son Heung-min tengah berduel mengamankan bola dengan Pellestri. Adapun kedua tim harus rela berbagi angka, lantaran tidak adanya gol yang tercipta. (Foto: Instagram @aufoficial)

CARITAU QATAR - Uruguay dan Korea Selatan harus puas berbagi angka usai bermain imbang 0-0 di pertandingan perdana Grup H Piala Dunia. Adapun laga tersebut dihelat di Stadion Education City, Qatar, Kamis (24/11/2022).

 

Dalam laga ini, Uruguay berhasil mencatatkan penguasaan bola sebesar 56%. Tim asuhan Diego Alonso itu juga menciptakan sepuluh kali tembakan, namun hanya satu yang mengarah ke gawang.

 

Sementara itu, statistik Korea Selatan juga tak terlalu bermain baik pada laga ini. Mereka hanya mencatatkan 44% ball possesion, mengukir tujuh tendangan dan tak ada yang mengarah ke gawang.

 

Berkat hasil ini, kedua tim sejatinya bertengger di posisi kesatu dan kedua di Grup H Piala Dunia 2022 Qatar, dengan masing-masing satu poin.

 

Namun, posisi mereka rawan tergusur, di mana tak lama berselang akan berlangsung pertandingan Grup H lainnya antara Portugal vs Ghana.

 

Jalan Pertandingan

 

La Caleste, maupun Taeguk Warriors bermain dengan tempo tinggi sejak peluit pertama dibunyikan. 

 

Kedua tim relatif berkutat di lini tengah permainan. Uruguay maupun Korea Selatan tampak kesulitan membongkar pertahanan lawan, sehingga minim tercipta peluang emas di babak pertama.

 

Kans pertama datang dari Fede Valverde di menit ke-19, namun tembakannya masih melayang di atas gawang yang dijaga Kim Seung-gyu.

 

Di menit ke-25, Korea Selatan hampir saja mencetak gol, andaikala tembakan melengkung Son Heung Min tak diblok oleh pertahanan Uruguay.

 

Sembilan menit berselang, peluang bagus tercipta oleh anak asuh Paulo Bento itu. Na Sang-ho memberi umpan silang dari kanan yang menemui Hwang Ui-jo. Kendati berdiri bebas, Ui-jo malah tergesa-gesa dan tembakannya melambung ke angkasa.

 

Peluang emas praktis tercipta di akhir babak pertama. Adalah sundulan Diogo Godin hasil tembakan sudut yang dilesakan Valverde, masih membentur mistar gawang. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

 

Di babak kedua, permainan kedua tim hampir serupa dengan babak pertama. Uruguay berusaha untuk menguasai permainan, namun harus terkendala oleh pressing ketat yang ditampilkan oleh Son-Heung Min dan kawan-kawan.

 

Winger Spurs itu sempat dihadang cukup keras oleh Caceres di menit ke-57. Son yang tengah menguasai bola, harus diganjar keras oleh Caceres sehingga sepatu yang Son pakai pun ikut terlepas.

 

Sejumlah pelatih pun mulai memutar otak untuk bisa keluar dari situasi monoton tersebut. Uruguay mencoba untuk memasukkan Edinson Cavani dan mengganti Luis Suarez di menit ke-57.

 

Tak lama berselang, peluang pun kembali ditorehkan Uruguay. Darwin Nunez melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun sepakannya masih menyamping tipis dari gawang Korea Selatan.

 

Dikarenakan Lini depan Uruguay kesulitan menembus pertahanan Korea Selatan, pelatih mengintruksikan untuk mengubah skema penyerangan. Nunez pun di sepuluh menit terakhir, dipindahkan posisinya ke sisi kanan. 

 

Federico Valverde kembali mengancam pertahanan Korea Selatan. Gelandang Real Madrid itu mengeluarkan jurus yang biasa ia tunjukkan di klub, yakni melepaskan tembakan keras di menit ke-89. Akan tetapi, usahanya tersebut masih membentur sisi kiri gawang.

 

Semenit berselang, giliran Korea Selatan yang mengancam lewat sepakan jarak jauh Son. Sayang tembakannya masih terlalu melebar.

 

Wasit pun sempat memberi perpanjangan waktu selama tujuh menit. Namun skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

 

Susunan Pemain

 

Uruguay: Rochet, Caceres, Godin, Gimenez, Olivera (Matias Vina 79'), Vecino (Nicolas de la Cruz 78'), Valverde, Bentancur, Pellistri (Varela 88'), Nunez, Suarez (Cavani 64').

 

Korea Selatan: Seung-gyu, Jin-su, Kim Min-Jae, Woo-young, In-beom, Son Heung-min, Jae-sung (Son Jun-ho), Moonh-wan, Ui-jo (Cho Gue-sung, 74'), Sang-ho (Lee Kang-in), Young-gwon.

 

(RMA)

piala dunia 2022 korea selatan uruguay 0-0