Kamis, 02 Mei 2024
Tag Terpopuler
Caritau Ramadhan: Masjid Cut Meutia, Bangunan Bekas Kantor Real Estate Hindia Belanda
Rabu, 27 Apr 2022 15.00 WIB
BAGIKAN wa fb fb
Rabu, 27 Apr 2022 15.00 WIB
image
Di Jalan Taman Cut Meutia, Kelurahan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ada sebuah bangunan klasik peninggalan kolonial Belanda. Arsitekturnya khas kantor-kantor dari era saat Jakarta masih bernama Batavia.
image
Seperti dikutip dari buku Maria Van Engels karya Alwi Shahab, gedung de Boewploeg yang merupakan cikal bakal bangunan masjid Cut Meutia berada di sebuah komplek kenamaan di Batavia, Jakarta Tempo dulu
image
Bagi yang melihat sekilas, tidak akan percaya bahwa bangunan tersebut adalah sebuah masjid, yaitu Masjid Cut Meutia.
image
Tanpa kubah dan menara, Masjid Cut Meutia lebih mirip kantor dengan gaya arsitektural kolonial Belanda. Masjid Cut Meutia berlantai tiga ini diwariskan dari masa penjajahan.
image
Dulunya Masjid Cut Meutia adalah kantor N.V de Bouwploeg atau kantor perusahaan real estate pertama di Hindia Belanda.
image
Setelah Belanda meninggalkan Indonesia, Jepang menduduki Tanah Air lalu mengalihfungsikan kantor tersebut menjadi Markas Besar Angkatan Laut Jepang pada masa Perang Dunia II (1942 – 1945).
image
Pada masa kepemimpinan Abdul Haris Nasution, bangunan itu juga pernah dijadikan sebagai Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS).
image
Barulah pada masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, gedung Cut Meutia diresmikan sebagai masjid sekaligus cagar budaya dengan Surat Keputusan Nomor SK 5184/1987 tanggal 18 Agustus 1987.
image
image
image
image
image
image
image
image

masjid cut meutia caritau ramadhan jakarta real estate hindia belanda