Senin, 06 Mei 2024
Tag Terpopuler
Caritau Ramadhan: Sejarah Berdirinya Masjid Agung Sunda Kelapa
Senin, 25 Apr 2022 17.00 WIB
BAGIKAN wa fb fb
Senin, 25 Apr 2022 17.00 WIB
image
Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan masjid yang dibangun pertama kali di daerah Menteng dengan memadukan berbagai fungsi untuk masjid Seperti sebagai tempat ibadah, pendidikan, sosial, maupun perekonomian.
image
Keberadaan masjid ini membantu umat Islam di Menteng dan sekitarnya, karena sebelumnya hanya terdapat gereja. Gereja Protestan Paulus dibangun 1936
image
Masjid ini dibangun pertama kali pada 1960-an dengan gagasan yang berasal dari Ir. Gustaf Abbas, kemudian gagasan tersebut didukung oleh para Jenderal yang juga tinggal di daerah Menteng
image
Arsitektur masjid ini menganut konsep yang fleksibel tanpa terpaut dengan simbol-simbol masjid pada umumnya, seperti kubah, menara, maupun simbol-simbol ornamen seperti bulan & bintang.
image
Abbas adalah arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mematahkan arsitektur masjid di Tanah Air pada umumnya.
image
Masjid Agung Sunda Kelapa juga tak memiliki beduk, simbol bintang-bulan, dan sederet simbol yang umumnya ada dalam sebuah masjid.
image
Karena pembangunan tak kunjung selesai, Pemda DKI Jakarta semasa Ali Sadikin merasa harus turun tangan untuk merampungkan pembangunannya.
image
Kehadiran Masjid Sunda Kelapa ini menjadi angin segar bagi masyarakat muslim yang tinggal di wilayah Menteng dan sekitarnya. Sebab, saat itu rumah ibadah di sekitar Menteng didominasi oleh gereja bekas peninggalan Belanda.
image
image
image
image
image
image
image
image

masjid sunda kelapa caritau ramadhan jakarta