Sabtu, 20 April 2024
Tag Terpopuler
Caritau Ramadhan: Masjid Raya Al'arief Jagal Senen
Kamis, 21 Apr 2022 15.00 WIB
BAGIKAN wa fb fb
Kamis, 21 Apr 2022 15.00 WIB
image
Masjid Raya Al-Arif masuk dalam daftar masjid tertua dan bersejarah di Jakarta.
image
Masjid yang dari dahulu dikenal dengan nama Masjid Jagal ini berada diwilayah Pasar Senen, Jalan Stasiun Senen, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.
image
Pengurus Masjid Raya Al-Arif, Muhammad Sururi, menerangkan, masjid ini didirikan oleh seorang pedagang dari Bugis, Upu Daeng H Arifuddin, bersama masyarakat setempat sekitar tahun 1695.
image
Awalnya, Masjid Raya Al-Arif dibangun untuk misi penyebaran ajaran Islam. Selain itu, untuk jadi tempat beribadah para pedagang, masyarakat dan perantau. Dulu masjid tersebut dinamakan Masjid Jami Jagal Senen.
image
"Tujuan awalnya dibangun untuk menyebarkan syariat Islam di sini. Kenapa namanya Masjid Jagal, ya karena dibangun ditengah-tengah perkampungan para tukang jagal hewan ternak, jadi dikasih nama Masjid Jagal," kata Muhammad Sururi.
image
Masih menurut Sururi, masjid tersebut berganti nama dari Masjid Jagal menjadi Masjid Raya Al-Arif pada tahun 1969.
image
Masjid yang memiliki luas bangunan sekitar 550 m2 dan dibangun di atas tanah seluas 2.850 m2 ini memiliki arsitektur campuran Jawa, kolonial Belanda, dan Timur Tengah (Arab).
image
Masjid Al-Arif sempat terancam dibongkar oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, ditahun 1969. Saat itu Bang Ali berniat melebarkan area Pasar Senen.
image
image
image
image
image
image
image
image

masjid jagal senen caritau ramadhan jakarta